Home Berita Liputan Media Saran IKADI Terkait Pedoman Ceramah di Rumah Ibadah

Saran IKADI Terkait Pedoman Ceramah di Rumah Ibadah

JAKARTA --  Kementerian Agama (Kemenag) RI sedang menyusun pedoman bersama ceramah di rumah ibadah. Pedoman tersebut berisi aturan tentang materi yang boleh dan tidak boleh disampaikan penceramah agama di rumah ibadah. Ikatan Da'i Indonesia (IKADI) memberi saran kepada Kemenag RI yang tengah menyusun pedoman tersebut.

"Kalau tujuannya baik untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, tujuannya untuk itu sah-sah saja," kata Ketua Umum IKADI, KH Ahmad Satori Ismail kepada Republika.co.id, Ahad (19/3).

Satori mengatakan, setiap agama punya kekhususan. Umat Islam punya masjid dan majelis taklim. Perkantoran umat Islam punya kekhususan. Materi-materi ajaran agama juga punya kekhususan masing-masing.

Islam yang ajaran agamanya mencakup semua aspek kehidupan berbicara semua hal. Mulai dari masalah ekonomi, pendidikan, sosial dan politik. Tentunya selama masih dalam koridor tidak memecah belah, hal tersebut baik-baik saja.

"Orang bicara politik, tetapi sesuai dengan AlQuran dan Sunnah, dengan tidak memukul sana sini saya kira hal itu bagus-bagus saja," ujarnya.

Dikatakan dia, seandainya ada pedoman bersama ceramah di rumah ibadah, mungkin akan ada hal positif tapi boleh jadi ada negatifnya juga. Sebab, semua agama punya aturan masing-masing.

Satori juga menjelaskan, Agama Islam merupakan agama yang mencakup semua aspek kehidupan. Tentu Islam akan berbicara semua aspek kehidupan. Sementara, agama lain ada juga yang tidak membahas aspek kenegaraan.

"Artinya, pemerintah sebaiknya tidak berbicara masalah materi ceramahnya. Tetapi berbicara masalah aturan-aturan agar tidak saling menjelekkan, menghina, menyinggung SARA dan lain sebagainya," ucapnya.

Sumber: Republika

 

 
ikadi-fbquotes-qs-yunus-44.jpg

REKENING DONASI


BSM Cabang Warung Buncit
No.Rek : 7000347447   
a/n Ikatan Da'i Indonesia


BRI Cabang Pasar Minggu
No.Rek: 0339.01.000930.30.7  
a/n Ikatan Da'i Indonesia

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1505
mod_vvisit_counterYesterday3245
mod_vvisit_counterThis week15221
mod_vvisit_counterLast week14943
mod_vvisit_counterThis month33855
mod_vvisit_counterLast month58214
mod_vvisit_counterAll days3816173